Minggu, 12 Februari 2012
BELAJAR
Belajar merupakan kunci pokok dalam pendidikan, sebab tanpa belajar tidak akan ada pendidikan. Inti dari belajar adalah berubah dan berkembang. Dengan belajar, individu dapat berkembang dan meningkatkan atau menaikkan derajat hidupnya. Sekelompok manusia yang belajar tentu dapat mepertahankan hidupnya ditengah-tengah persaingan dibandingkan dengan kelompok manusia lainnya yang tidak belajar.
Belajar adalah perubahan dalam diri individu sebagi akibat dari pengalaman. Di mana pengalaman tersebut dapat berupa proses penyesuaian diri dengan lingkungannya maupun sebuah usaha untuk menjadi bisa (perubahan tingkah laku dan pola fikir)dan menambah ilmu (seperti halnya seorang anak belajar di sekolah untuk mendapatkan berbagai pengetahuan yang disusun dalam sebuah kurikulum tertentu.)
Keberhasilan proses belajar dimana pengalaman yang ia dapat akan menjadi perubahan tingkah laku dan perubahan pola fikir akan sukses dan berhasil bilamana faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar itu mendukung dan sinergis secara positif, karena semua faktor-faktor tersebut bilamana salah satunya dalam keadaan tidak sipa, tidak baik dan negatif, maka proses belajar pun akan terganggu dengan hadirnya berbagai masalah belajar, atau kesulitan-kesulitan dan hambatan dalam proses belajar. Adapun keberhasilan proses belajar selain ditentukan oleh faktor yang mempengaruhinya adalah pengkondisian diri dalam menerima pelajaran atau mengikuti proses belajar. Pengkondisian diri itu disebut sebagai proses belajar efektif, dimana terdapat sejumlah metode untuk mengkondisikan diri siap belajar dan sanggup menjadikan memproses pengalaman yang didapat menjadi perubahan tingkah laku senagai hasil belajar.
Peran dan fungsi konselor dalam sekolah, menuntut seorang konselor untuk memberikan suatu pelayanan bagi siswa yang dapat membantu dan memfasilitasi siswa dalam proses pembelajarannya. Salah satunya adalah mengadakan bimbingan belajar efektif. Untuk itu, sekiranya konselor pun dituntut untuk memiliki pengetahuan mengenai belajar efektif. Tidak hanya itu, pengetahuan tentang belajar dan faktor yang mempengaruhi belajar pun harus dikuasai, sebagai salah satu langkah untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalah belajar yang kemudian ditindak lanjuti dengan sebuah upaya bantuan berupa bimbingan belajar dengan menerapkan salah satu teori atau strategi belajar yang tepat untuk mengatasi atau mencegah kesulitan belajar yang dihadapi.
Langganan:
Komentar (Atom)